Sabtu, 02 Maret 2013

Seni Batik Warisan Leluhur

Batik adalah sebuah karya seni yang di wariskan para leluhur kepada kita. Keindahan nilai seni batik tiada batas, batik memiliki makna dan arti yang terkandung dalam setiap motif. Seni membatik merupakan kebudayaan yang di miliki nenek moyang dan tak akan hilang walau di telan zaman. Keahlian dalam membuat motif batik dan memberi warna supaya indah di pandang serta memberikan kepuasan bagi yang memilikinya baik sebagai bahan sandang maupun sebagai barang koleksi.


Proses pembuatan batik ada yg mememrlukan waktu yang lama dan ada pula yg sebaliknya, namun semua itu di kerjakan secara teliti, hati-hati supaya tercipta seni yang sempurna dalam batik. Seni batik yang tiada batas tercipta karena ketekunan dalam baik yg mengukir dengan lilin maupun melalui lukisan tangan di atas kain serta mewarnai kain dengan berbagai macam variasi motif dan warna agar berkesan menjadi hidup. Pembuatan batik dengan memakai bahan dasar kain dan lilin serta tata warna yg serasi dan kontras di kerjakan oleh tenaga ahli agar menghasilkan sebuah karya yg bisa di nikmati oleh para peminatnya.

Seiring berkembangnya zaman, banyak bahan pewarna kimia yg di gunakan untuk mewarnai kain batik. Hal ini sangat berbeda dari tempo dulu yg di lakukan para nenek moyang kita yg mewarnai batik dengan menggunakan warna alam yg di ambil dari tumbuh-tumbuhan. Batik adalah seni asli orang Indonesia. Pengrajin batik yg menggunakan yg menggunakan bahan pewarna dari warna alam semakin sedikit, di masa sekarang kebanyakan para pengrajin menggunakan warna kimia.

Pada zaman dahulu kala hanya ada batik tulis dan cap yg kesemua itu di kerjakan oleh tangan yg bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan untuk sebuah maha karya yg sempurna. Ketekunan dan kesabaran dalam menggores canting yg berisikan lilin di atas kain untuk mengerjakan batik tulis yg memakai warna alam   tidak akan pernah sia-sia karena batik tulis yg seperti ini memiliki nilai jual yg sangat tinggi, bisa mencapai jutaan rupiah perpotongnya. Batik jenis ini sudah sangat langka di temukan karena pada zaman dahulu para pengrajinnya sangat tertutup dalam menjaga kerahasiaan tentang tata cara pembuatan serta resep dalam dalam mengolah warna alam. Batik yg menggunakan warna alam memiliki keistimewaan dalam corak dan warna yg tidak akan pernah pudar walaupun usia batik mencapai puluhan tahun dan bahkan ratusan tahun.

Batik tulis modern yg banyak di buat pada zaman sekarang sudah banyak yg menggunakan bahan kimia dan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan tradisi lama.



2 komentar:

  1. masyarakat pecinta batik, sangat-sangan ingin melihat EXTRIMNYA BATIK yang hanya ada satu di Indonesia. bisa untuk oleh-oleh atau koleksi. YANG JELAS KHASANAH BATIK DENGAN CIRI KHAS EXTRIM.ADALAH KEKAYAAN BUDAYA SENI BATIK INDONESIA.

    BERTAMBAH SATU KEKAYAAN INDONESIA,.
    SANGAT MEMBANGGAKAN.
    NAMUN DEMIKIAN, PERLU BANYAK FOTO YANG DITAMPILKAN.

    BalasHapus
  2. Batik memang barang seni yg unik....
    Terima kasih

    BalasHapus