Kamis, 07 Maret 2013

Batik Abstrak

Banyak sekali motif batik yg di buat menggunakan bahan dasar dari kain rayon, salah satunya batik abstrak. Batik abstrak banyak sekali yg mengambil dari bahan dasar rayon karena kain ini memamg tergolong kain yg mudah untuk di beri warna dari banyak macam bahan pewarna. Batik yg bermotif abstrak sangat mudah di jumpai karena batik ini sangat beragam dan bervariasi.

Batik abstrak memang tergolong batik yg banyak di kerjakan oleh para pengrajin batik Pekalongan saat ini, karena mudah dalam proses pembuatan serta bisa mencurahkan jiwa seni kepada batik jenis ini. Kebanyakan batik ini membutuhkan imajinasi yg tinggi, menggambar langsung di atas media serta memberikan warna yg serasi. Proses pembuatan tidak membutuhkan waktu yg lama karena bisa jadi dalam waktu sehari tanpa melalui proses yg panjang.

Dengan kreatifitas yg tinggi untuk menggambar dan membuat motif, seorang pengrajin juga haruslah lihai dalam memberikan sentuhan warna agarbisa menghasilkan batik yg bagus dan indah dalam pandangaan mata  serta mempunyai rasa atau taste serta bisa membuat warna menjadi hidup dari sebuah batik.

Bahan pewarna batik abstrak kebanyakan menggunakan jenis bahan pewarna kimia base kalau menurut orang pekalongan, namun nama populernya adalah obat reactive. Proes pembuatan batik menggunakan bahan pewarna ini memang lebih mudah karena hasil jadi langsung bisa di lihat manakala bahan dasar kain sudah di beri warna. Masing masing pengrajin mempunyai tekhnik dan strategi yg berbeda-beda dalam menggunakan obat jenis ini karena beda cara dalam meramu bahan pewarna pada kain bisa memberikan hasil yg berbeda pula dari segi kualitas warna.

Biasanya para pengrajin juga memberikan bahan tambahan agar warna tidak kusam dengan tujuan agar warna bisa cerah dan berkilau sehingga tidak akan merusak mata siapa saja yg melihatnya. Bahan pewarna base juga bisa di padukan dengan bahan pewarna kimia polkative agar menghasilkan beragan warna yg bervariasi. Obat base biasanya di gunakan untuk menghasilkan warna tua sedangkan polkative sebagai warna yg muda dan cerah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar